Site icon berkeleymecha.org

Sistem dan Kiat Membikin Kaldu Bubuk Homemade

Sistem dan Kiat Membikin Kaldu Bubuk Homemade
Seorang ibu tentu berharap yang terbaik untuk si kecilnya. Terutamanya urusan makan, seorang ibu pasti menyediakan sajian sedap dan sehat. Seperti tante aku yang sebagian waktu lalu betul-betul ketat soal alternatif makanan si kecil-si kecilnya yang masih kecil. Tante aku sebisa mungkin meminimalisir MSG, makanan kalengan, sampai makanan kencang saji. Termasuk untuk urusan penyedap rasa, si tante malah sering mencari-cari resep kaldu bubuk homemade.

Ada satu resep kaldu bubuk homemade dari Ndaru Gendis Sintha yang berdasarkan aku perlu dicoba. Sistem membikin kaldu bubuk itu tak sama seperti kaldu cair, ya. Bahan-bahan untuk kaldu bubuk perlu dihaluskan dahulu, dan berikutnya semestinya via tahap pengeringan. Akibatnya? Kaldu homemade ini dapat diadu dengan kaldu kemasan! Nah penasaran gimana metode dan tipsnya supaya kaldu terasa lebih sedap? Check this out!

Pilih daging yang ideal

Ada dua macam kaldu bubuk yang beredar di pasaran, merupakan kaldu ayam dan kaldu sapi. Untuk kaldu ayam, gunakan daging ayam tanpa kulit seperti dada ayam. Meskipun untuk kaldu sapi, gunakan daging yang empuk, tidak banyak seratnya, dan tanpa lemak. Potong atau cincang daging supaya ukurannya lebih kecil dan lebih gampang dihaluskan nantinya.

Tambahkan bahan-bahan penyokong lainnya

Biarpun namanya kaldu rasa ayam atau sapi, sebenarnya bahan pembuatannya tidak cuma daging saja. Apabila anda lihat di kemasan kaldu, ada aneka bahan penyokong yang dimasak dengan daging seperti wortel, kentang, daun bawang, bawang putih, dan bawang merah. Yup, seperti sop ayam atau sop daging. Anda dapat tambahkan bahan-bahan hal yang demikian untuk menguatkan rasa kaldu bubuk, lho.

Potong bahan-bahan hal yang demikian jadi ukuran kecil, lalu masukkan bahan-bahan hal yang demikian beserta daging yang telah dipotong kecil dalam blender atau food processor. Blender segala bahan hal yang demikian sampai halus dan tercampur rata.

Sangrai bahan yang telah dihaluskan

Sangrai campuran bahan yang telah dihaluskan dengan api kecil-sedang. Tidak perlu gunakan minyak sebab kita cuma akan sedikit mematangkan campuran bahan hal yang demikian supaya tidak beraroma mentah, juice dagingnya sirna, dan tak langu. Aduk terus sampai adonan mengering dan angkat dari wajan. Ingat, jangan hingga gosong ya sebab tentu akan memberi pengaruh rasa kaldu bubuk nantinya.

Pastikan kaldu benar-benar kering dan bertekstur bubuk

Langkah terakhir ialah cara kerja pengeringan. Sesudah disangrai, tata campuran bahan kaldu yang telah cukup kering dalam loyang kudapan manis yang datar, lalu panggang dalam oven temperatur 160-170 ℃ (tergantung masing-masing oven, ya) api atas-bawah selama 30 menit. Jangan lupa untuk mengaduknya sampai terpanggang merata. Dikala telah 30 menit, keluarkan dari oven dan blender lagi sampai halus.

Kerja ini perlu dikerjakan secara kontinu sampai tekstur kaldu bubuknya benar-benar kering. Dengan tekstur kering, kaldu bubuk homemade akan lebih awet. Apabila telah tepat, dinginkan dalam temperatur ruang lalu masukkan dalam wadah kedap udara dan kering.

Berminat untuk mencoba? Pastinya, kaldu bubuk homemade ini jauh lebih sehat dan aman untuk keluarga, ya. Kecuali untuk sop, kaldu bubuk juga dapat diaplikasikan untuk aneka kuliner, mulai dari tumisan, kuliner berkuah, sampai gorengan.

 

Baca Juga Artikel Lainnya : Rumah Makan Sunda di Bogor  DISINI

Exit mobile version