Panduan Membeli Printer

Printer adalah periferal penting, melakukan peran penting karena mereka membuat informasi elektronik menjadi catatan nyata atau output material. Anda sama sekali tidak menggunakan komputer Anda secara maksimal jika Anda tidak dapat mencetak laporan, presentasi, surat, foto, atau apa pun yang Anda butuhkan untuk menghasilkan. Namun, memilih printer dapat membingungkan, dalam lanskap yang kompetitif dan selalu berubah saat ini. Panduan Membeli Printer ini melengkapi beberapa kriteria yang lebih penting untuk dipertimbangkan sebelum Anda membuat keputusan pembelian yang sangat penting itu.

Teknologi Percetakan

Ini adalah keputusan terbesar yang harus dibuat sebelum hal lain. Pilihan Anda harus didasarkan pada cara Anda bekerja dan jenis keluaran yang Anda harapkan dari printer.

o Inkjet: Printer inkjet dapat memberikan warna yang menakjubkan, jadi ini adalah cara yang harus dilakukan jika Anda kebanyakan ingin mencetak foto. Inkjet dapat digunakan untuk mencetak teks, tetapi kecepatan cetaknya terlalu lambat jika tujuan utama printer adalah mencetak dokumen. Untuk mendapatkan lebih banyak foto-realisme, pilih inkjet dengan rentang warna yang diperluas yang mencakup cyan muda dan magenta muda selain CMYK empat warna standar (sian, magenta, kuning, dan hitam). Warna ekstra memberikan gradasi warna yang lebih halus di langit biru dan warna kulit. Dan jika Anda mencetak banyak foto hitam-putih, pertimbangkan printer foto dengan lebih dari satu variasi tinta hitam atau dengan tinta abu-abu. Banyak printer foto menggunakan tinta warna untuk menghasilkan hitam komposit, menghasilkan warna berlumpur.

o Sublimasi pewarna: Printer sublimasi pewarna dapat mencetak nada kontinu dan rentang warna superior yang tidak dapat dilakukan oleh printer laser, menjadikannya ideal untuk aplikasi grafis atau pencetakan warna yang lebih menuntut. Cetakan dye-sub juga kurang rentan terhadap pemudaran dan distorsi dari waktu ke waktu daripada cetakan tinta berbasis dye. Selain itu, banyak printer sublimasi pewarna berbasis konsumen dapat mencetak langsung dari kamera digital dan juga menerima kartu memori. Namun, mereka lebih terbatas dalam jangkauan dan ukuran media cetak yang dapat digunakan — biasanya kertas berukuran letter atau lebih kecil.

o Laser: Printer laser adalah pilihan sempurna jika Anda perlu mencetak dokumen teks dalam jumlah besar. Mereka mencetak lebih cepat daripada inkjet dan memiliki biaya operasi yang lebih rendah dalam jangka panjang – meskipun mereka mungkin lebih mahal untuk Panduan Membeli Printer pada awalnya. Ada trade-off, namun. Printer laser monokrom menghasilkan teks hitam-putih yang tajam tetapi tidak dapat digunakan untuk pencetakan berwarna. Laser warna menghasilkan teks dan grafik yang sangat baik tetapi jauh lebih mahal dan perawatannya bisa mahal.

Penggunaan Pencetak

Beberapa printer bagus untuk pencetakan umum, sementara yang lain lebih baik dalam tugas khusus atau menggabungkan beberapa fungsi ke dalam satu mesin.

o Foto: Jika Anda mengambil banyak gambar, pertimbangkan untuk Panduan Membeli Printer foto. Printer foto bisa dalam bentuk inkjet foto — yang bisa mencetak foto dan teks; printer foto snapshot — untuk menghasilkan cetakan kecil berukuran 4×6 inci; atau printer foto profesional — untuk foto berukuran tabloid yang besar dan sering kali menyertakan koneksi jaringan untuk memungkinkan berbagi printer. Sebagian besar printer foto konsumen dan profesional menggunakan teknologi inkjet, sementara sebagian besar printer foto snapshot yang mencetak cetakan 4×6 inci mengandalkan teknologi sublimasi pewarna. Terlepas dari jenis atau teknologi yang digunakan, hal terpenting yang harus diperhatikan dalam printer foto adalah kualitas fotorealistik. Segala sesuatu yang lain adalah sekunder.

o Tujuan Umum: Sesuai dengan namanya, printer serba guna dapat digunakan untuk mencetak hampir semua hal, termasuk teks dan foto. Pilih printer umum dengan format laser jika Anda mencetak lebih banyak teks daripada foto; dan pilih format inkjet jika Anda mencetak lebih banyak foto daripada teks.

o Multifungsi: Printer multifungsi (MFP) menggabungkan beberapa fungsi dalam satu perangkat seperti mencetak, memindai, mengirim faks, dan menyalin. MFP lebih murah daripada Panduan Membeli Printer perangkat terpisah yang berdiri sendiri dan mengurangi kerumitan menyiapkan harga mesin dtf individual. Jika Anda kekurangan anggaran atau ruang, pertimbangkan perangkat all-in-one ini. Namun, perhatikan bahwa malfungsi dengan satu komponen akan melumpuhkan seluruh perangkat, dan komponen individual mungkin tidak dapat diupgrade. MFP tersedia dengan salah satu printer laser untuk menekankan pencetakan teks cepat dan output grafis sesekali; atau tersedia dengan printer inkjet untuk pencetakan foto yang hidup.

Lingkungan dan Aplikasi

Saat memutuskan printer, pikirkan di mana dan bagaimana Anda berencana menggunakannya. Pengguna rumahan akan memiliki kebutuhan pencetakan yang berbeda dari pekerja kantor, fotografer, atau pelancong.

o Penggunaan di rumah Umum/Dasar: Printer serbaguna dan terjangkau adalah pilihan terbaik di sini, dan inkjet biasanya memenuhi kebutuhan pencetakan sebagian besar pengguna rumahan yang ingin menghasilkan foto dari mesin digital printing mereka atau untuk kebutuhan pencetakan ringan lainnya. Kartrid tinta bisa mahal, jadi carilah inkjet dengan kartrid terpisah untuk setiap warna. Dengan cara ini, Anda tidak perlu membuang seluruh kartrid — hanya karena satu warna telah habis lebih dulu dari yang lain — tetapi ganti hanya yang habis.

o Kantor rumah: MFP mungkin merupakan perangkat yang bagus untuk dimiliki di kantor rumah Anda, terutama jika dilengkapi dengan pengumpan dokumen otomatis yang dapat memproses dokumen banyak halaman tanpa pengawasan. Memori onboard ekstra meningkatkan efisiensi dan memungkinkan pemrosesan grafik dan dokumen yang lebih besar dengan mudah. Dan jika pemindaian dan fotokopi penting bagi Anda, dapatkan MFP dengan resolusi lebih tinggi.

o Fotografi: Printer foto adalah pilihan yang jelas jika mencetak foto adalah hal utama Anda. Pilih salah satu printer foto snapshot yang lebih kecil yang menghasilkan cetakan 4×6 inci; atau pilih printer foto profesional berukuran lebih besar yang mampu menghasilkan cetakan berukuran tabloid 11×17 inci — bahkan hingga cetakan 13×19 inci full-bleed yang menyertakan batas untuk memberi ruang bagi tanda pendaftaran.

o Pencetakan teks: Jika mencetak teks dalam jumlah besar adalah hal yang paling sering Anda lakukan, printer laser standar monokrom adalah pilihan terbaik Anda — karena printer ini dapat mengubah halaman demi halaman teks yang tajam dengan cukup cepat. Printer ini ideal untuk mencetak teks hitam-putih dan grafik sederhana, jadi Anda mungkin perlu mendapatkan printer inkjet atau foto terpisah untuk mencetak foto berwarna – kecuali jika Anda ingin berinvestasi dalam laser warna yang lebih mahal yang dapat mencetak keduanya. dokumen hitam-putih dan berwarna.

o Jaringan kecil: Printer laser kelompok kerja dapat menjadi apa yang Anda butuhkan jika kantor pusat atau kantor kecil Anda dibangun di sekitar jaringan. Laser kelompok kerja mengemas kecepatan cetak yang lebih cepat dan memiliki lebih banyak memori untuk menangani beberapa pekerjaan cetak. Mereka juga menawarkan kemampuan penanganan yang lebih canggih seperti baki yang lebih besar, dan mungkin menawarkan pencetakan dupleks (dua sisi), penyortiran, dan penjilidan. Lebih mahal daripada printer laser standar, sebagian besar laser kelompok kerja adalah monokrom — dirancang untuk mencetak teks dan grafik sederhana.

o Pelancong: Untuk pebisnis yang sedang bepergian dan ingin mencetak, printer portabel memberikan solusi dengan ukurannya yang ringkas (cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam tas kerja), ringan (kurang dari 5 lbs.), dan daya yang praktis (beroperasi dengan baterai atau dengan pengisi daya mobil). Model yang lebih baru dapat mencetak secara nirkabel — sehingga tidak menjadi masalah jika Anda lupa kabel USB di rumah. Beberapa portabel menawarkan ekstra hebat seperti pengumpan lembar untuk pengumpanan halaman otomatis, mampu menangani transparansi dan amplop, dan bahkan mendukung kartrid pemindai opsional yang menggantikan kartrid tinta dan mengubah printer menjadi pemindai. Printer portabel lebih mahal dan mencetak lebih lambat daripada printer standar, tetapi kenyamanan adalah yang Anda bayar.

Pencetakan tanpa PC

Dengan sesuatu yang disebut dukungan PictBridge, printer foto tidak perlu terhubung ke PC untuk dapat mencetak foto. PictBridge adalah standar yang diadopsi oleh pabrikan printer dan kamera digital untuk pencetakan tanpa PC, memungkinkan foto dicetak langsung dari kamera digital ke printer hanya dengan menghubungkannya melalui kabel USB — selama printer dan kamera digital terpasang. kompatibel. Variasi dari ide ini adalah kemampuan printer untuk membaca kartu memori langsung dari kamera digital atau perangkat penyimpan gambar lainnya hanya dengan memasukkan kartu ke dalam slot printer yang ditentukan.

Setelah kamera terhubung atau kartu dimasukkan ke dalam printer, foto dapat ditinjau dalam beberapa cara, tergantung pada model printer. Beberapa mungkin menampilkan layar LCD built-in yang memungkinkan pengambilan gambar ditinjau, pengeditan dilakukan, dan yang akan dicetak dipilih langsung dari layar. Model lain memungkinkan Anda membuat lembar indeks — mirip dengan lembar kontak dalam pencetakan film — sehingga Anda dapat menandai yang Anda pilih untuk dicetak dan memindai ulang lembar tersebut. Model printer lain memungkinkan Anda memutuskan bidikan mana yang ingin Anda cetak langsung dari kamera digital. Banyak jenis kartu memori yang tersedia di pasaran saat ini, jadi pastikan printer menerima jenis yang digunakan oleh kamera Anda agar Anda dapat menikmati pencetakan foto dengan kartu langsung.

Penanganan Kertas

Kertas jelas merupakan masalah penting dalam pencetakan. Berikut adalah beberapa tips penting tentang penanganan kertas untuk printer:

o Saat Panduan Membeli Printer, pastikan printer tersebut dilengkapi untuk mengakomodasi semua ukuran dan jenis kertas yang akan Anda gunakan. Jika Anda perlu mencetak dengan stok yang banyak, misalnya, pastikan printer dapat menangani kertas terberat yang Anda gunakan. Untuk tujuan ini, jalur kertas printer dapat memberikan indikasi bagaimana ia menangani kertas: Inkjet umumnya menggunakan jalur kertas lurus, sedangkan laser menggunakan jalur berbentuk S atau U. Secara umum, semakin lurus jalannya, semakin tebal media yang dapat digunakan. Namun, jalur melengkung khas printer laser juga memungkinkan konfigurasi yang lebih fleksibel untuk baki masukan dan keluaran.

o Menggunakan jenis kertas yang benar juga akan membuat perbedaan pada pencetakan Anda. Inkjet dapat mencetak pada berbagai jenis kertas foto matte atau glossy, namun pastikan Anda memilih jenis kertas yang tepat untuk printer Anda agar mendapatkan hasil cetak yang optimal. Misalnya, kertas matte cocok untuk tinta berbasis pigmen dan pewarna, sedangkan lapisan kilau umumnya lebih cocok untuk tinta berbasis pewarna.

o Dalam hal ukuran, sebagian besar inkjet dan laser dapat menangani pencetakan ukuran letter dan legal. Namun, jika Anda perlu mencetak cetakan yang lebih besar, pertimbangkan printer yang dapat menangani ukuran seperti 11 kali 17 inci. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk Panduan Membeli Printer sublim dengan beberapa laci kertas jika Anda akan beralih di antara ukuran kertas yang berbeda secara teratur. Untuk printer laser, beberapa baki keluaran, dupleks (pencetakan dua sisi), menyusun, dan menstaples otomatis dapat menjadi fitur tambahan yang berguna.

o Jika Anda berencana menggunakan kertas pihak ketiga, pastikan kertas tersebut berfungsi baik dengan printer Anda. Sebelum Anda membeli kertas pihak ketiga dalam jumlah besar, cobalah beberapa sampel dengan mencetak foto yang sama pada kertas pabrikan printer dan kertas pihak ketiga, lalu bandingkan hasilnya.

Spesifikasi Printer dan Fitur Utama

Printer menampilkan berbagai spesifikasi, sehingga menavigasi lembar spesifikasi secara cerdas memerlukan pemahaman tentang apa yang diperlukan setiap spesifikasi sesuai dengan teknologi pencetakan yang terlibat atau untuk jenis penggunaan yang direncanakan untuk printer.

o Resolusi: Untuk printer laser, 300 dpi sudah cukup jika Anda hanya perlu mencetak teks hitam-putih, tetapi pilihlah setidaknya 1200 dpi untuk skala abu-abu fotorealistik atau pencetakan warna. Untuk inkjet, pilih salah satu yang menampilkan resolusi 1200-dpi atau lebih tinggi dengan ukuran tetesan 4 pikoliter atau lebih kecil untuk hasil yang tajam dan bersih. Dengan printer foto, resolusi bervariasi menurut teknologi: Output pada 300 dpi oleh printer foto yang menggunakan teknologi sublimasi pewarna sebanding dengan printer foto yang menggunakan teknologi inkjet dengan keluaran 1200 dpi atau lebih tinggi.

o Kecepatan: Peringkat kecepatan sangat bervariasi, dan kecepatan cetak yang disebutkan oleh produsen biasanya mengacu pada pencetakan dalam mode draf atau pada resolusi terendah. Untuk printer laser, cara yang lebih akurat untuk mengukur kecepatan cetak aktual adalah dengan menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan dari saat Anda menekan “Cetak” — hingga waktu yang dibutuhkan printer untuk pemanasan, gulung pekerjaan ke dalam antrian cetak , dan agar hasil cetakan akhirnya keluar. Untuk inkjet, kecepatan cetak bukanlah salah satu dari yang lebih kuat; jadi jangan terlalu khawatir dengan spesifikasi ini.

o Memori: Memori ekstra akan berguna bagi printer laser untuk memungkinkan mereka menangani grafik dan dokumen besar dengan lebih mudah. Periksa memori maksimum yang dapat diupgrade yang diizinkan untuk printer Anda, apakah ia dilengkapi hard drive dengan memori yang dapat diupgrade serupa, dan apakah printer dapat menggunakan memori generik atau memerlukan merek pabrikan. Dalam kasus inkjet, memori sudah terpasang dan tidak dapat diupgrade, tetapi ini bukan masalah karena pemrosesan terjadi di sisi komputer — jadi tidak perlu RAM terpasang dalam jumlah besar untuk memulai pada inkjet.

o Konektivitas: Sebagian besar printer saat ini tidak lagi mendukung koneksi paralel lama, melainkan fitur USB 1.1 atau Hi-Speed ​​USB (USB 2.0) — keduanya akan berfungsi baik dengan komputer USB. Agar printer dapat digunakan di jaringan, printer harus memiliki port Ethernet untuk mengaktifkan berbagi printer. Untuk opsi pencetakan yang lebih fleksibel, Anda mungkin ingin mencari printer dengan port input/output inframerah yang memungkinkan pencetakan nirkabel dari notebook atau perangkat lain dengan port inframerah. Dan jika Anda membutuhkan pencetakan berkecepatan tinggi atau jarak jauh, pertimbangkan printer dengan port FireWire.

Bahan habis pakai dan biaya per halaman

Harga Panduan Membeli Printer hanyalah awal dari biaya keseluruhan karena seiring waktu, biaya tersembunyi dari tinta atau toner, kertas, dan suku cadang akan bertambah. “Biaya tersembunyi” ini adalah bahan habis pakai; membagi total biaya bahan habis pakai dengan jumlah halaman yang dapat diproduksi dari bahan habis pakai memberi Anda biaya per halaman. Printer laser menawarkan biaya per halaman terendah, menggunakan toner yang relatif murah dan kertas tidak berlapis dengan berat normal. Di sisi lain, biaya per halaman untuk inkjet bisa empat atau lima kali lipat, tergantung pada berapa banyak tinta yang Anda gunakan dan biaya kertas — biasanya lebih mahal, dilapisi, kertas glossy untuk keluaran warna berkualitas lebih tinggi. Konfigurasi tangki untuk inkjet juga harus dipertimbangkan. Inkjet dengan satu kartrid untuk tinta berwarna akan dikenakan biaya penggantian yang lebih tinggi karena kartrid harus diganti segera setelah satu warna habis — meskipun kartrid masih berisi banyak tinta untuk warna lainnya. Untuk menghemat biaya, dapatkan inkjet dengan kartrid terpisah untuk hitam dan masing-masing warna.

Kualitas cetak

Semua spesifikasi dan fitur mewah di printer Anda tidak akan berarti apa-apa jika Anda tidak memiliki kualitas cetak yang baik dan solid — baik teks atau foto — untuk mencadangkannya.

o Teks: Teks harus halus dan tajam. Pada ukuran font terkecil, masing-masing huruf harus dapat dibaca dengan jelas, dan tidak boleh bercampur satu sama lain. Font ukuran sedang tidak boleh memiliki tepi kabur, dan font terbesar — terutama yang tebal — harus diisi dengan warna hitam pekat, bukan warna coklat keruh atau kebiruan. Anda juga harus dapat melihat penghitung (bukaan) yang dibentuk dengan baik dan bulat dalam bentuk huruf; jika tidak, biasanya itu pertanda printer mengeluarkan terlalu banyak tinta. (Namun, ingatlah bahwa printer inkjet akan menampilkan beberapa sumbu pada kertas biasa seberat 20 pon, karena tinta merembes di sepanjang serat kertas.)

o Grafik: Untuk pencetakan warna, cari gradien — atau area di mana warna berubah dari gelap ke terang. Warna harus bertransisi dengan mulus, dan Anda seharusnya tidak melihat pita warna apa pun, di mana pita yang berbeda berkembang dari gelap ke terang. Pada halaman pengujian, Anda mungkin akan melihat bilah gradien yang berubah dari hitam menjadi putih melalui serangkaian warna abu-abu yang semakin gelap; transisi dari naungan ke naungan harus mulus tanpa garis yang terlihat. Juga, cari keseimbangan warna yang bagus dalam pencetakan grafis warna — sesuatu yang tidak terlalu jenuh atau datar dan pudar.

o Foto: Hasil cetak foto yang baik harus seperti foto aslinya. Warna harus akurat dan seimbang, jelas tetapi tidak terlalu jenuh. Detail yang baik harus ada di semua area, tanpa garis atau piksel bergerigi atau artefak visual lainnya. Kontras yang baik harus ada antara area bayangan dan sorotan — tidak berlumpur atau datar dan tanpa warna. Anda mungkin tidak selalu dapat membedakan dari satu cetakan yang bagus ke yang lain, tetapi hampir semua orang dapat mengenali cetakan yang buruk ketika mereka melihatnya. Percayai apa yang Anda lihat.