Apa itu Palletizer Robot?

Robot palletizer adalah jenis palletizer yang menggunakan lengan robot untuk memilih, mengarahkan, dan menempatkan produk individu dan mengaturnya menjadi satu tumpukan beban. Mereka adalah generasi berikutnya dari palletizer, dan mereka akan menggantikan palletizer konvensional. Keunggulannya, Namun, kurangnya kecepatan, toleransi dimensi produk, dan kekokohan membatasi mereka untuk sepenuhnya menggantikan pembuat palet konvensional. Seperti biaya modal yang lebih rendah, keserbagunaan, dan kemampuan multi-tugas, menjadikannya pilihan yang lebih disukai dalam aplikasi tertentu.

Seperti jenis pembuat palet lainnya, pembuat palet robot memanfaatkan konsep beban satuan. Beban satuan mengacu pada perakitan material yang digabungkan untuk penanganan yang efisien. Lebih cepat dan lebih efisien untuk memindahkan unit tunggal yang besar daripada beberapa item individual kecil Barang jadi tidak dirancang dan dibangun untuk ditangani dan dikirim secara terpisah. Biasanya ditempatkan dalam kotak, kotak, baki, dan peti yang kemudian digabungkan menjadi satu kesatuan yang didukung oleh palet atau sangkar gulung. Yang pertama disebut sebagai sekunder beban satuan, sedangkan beban terakhir adalah beban satuan tersier.

Keuntungan dari Palletizer Robot

Pembuat palet otomatis umumnya menawarkan banyak manfaat dalam pengemasan atau lini produksi. Mereka membuat proses manufaktur lebih efisien dan menghilangkan faktor manusia yang dapat memperlambat laju operasi pabrik. Dengan manfaat yang diperoleh, pembuat palet dapat dengan mudah melampaui biaya investasi yang diperlukan. penggunaan palletizers meliputi:

1. Peningkatan produktivitas

Paletizer menghilangkan tenaga kerja manual untuk menyatukan produk. Mereka jauh lebih efisien, mengangkat beban yang lebih berat, dan melakukan pekerjaan lebih cepat. Mereka juga tidak mengalami kelelahan atau cedera. Dengan perawatan yang tepat, pembuat palet dapat beroperasi 24/7 dengan andal. Hal ini mengurangi potensi kemacetan di lini pengemasan.

2. Penanganan produk yang lebih baik

Karena pembuat palet adalah mesin otomatis, gerakannya telah diprogram sebelumnya dan dirancang untuk berfungsi tanpa merusak produk. Pembuat palet tidak perlu terus-menerus membuat keputusan, tidak seperti rekan manusianya. Hal ini membuat pembuat palet tidak terlalu rentan terhadap kesalahan yang menghasilkan penanganan produk yang lebih baik.

3. Peningkatan keamanan tempat kerja

Jika dirancang dengan benar, pembuat palet menghilangkan ancaman dan bahaya di tempat kerja yang terkait dengan tenaga kerja manual. Pembuatan palet manual menimbulkan bahaya jatuh, tergelincir, tersandung, dan tergencet. Mereka juga menyebabkan ketegangan otot karena jangkauan dan penumpukan produk yang berulang. Hal ini dapat menyebabkan cedera punggung bagian bawah .dan dapat merusak kesehatan pekerja secara permanen.

4. Mengurangi biaya operasi

Dalam sebagian besar aplikasi, terutama dalam sistem pengemasan besar, analisis biaya-manfaat memperoleh paletizer menghasilkan hasil yang positif.Penghematan biaya operasional dapat diperoleh dari peningkatan throughput, pemborosan produk yang rendah, dan pengurangan biaya tenaga kerja.