Cara Membersihkan Mesin Cuci untuk Pakaian dan Linen Segar

Pakaian yang kotor oleh jamur, dan residu dekil lainnya bisa menumpuk di dalam mesin cuci Anda seiring waktu. Pelajari sistem membersihkan mesin cuci, termasuk mesin bukaan depan dan bukaan atas, untuk membersihkan cucian Anda sebersih mungkin.

Kotoran yang sirna dari pakaian, handuk, dan seprai Anda mesti pergi ke suatu daerah, yang berarti kotoran dapat menumpuk di dalam mesin cuci Anda seiring waktu. Tanpa pembersihan rutin, alat mungkin juga menaruh sisa deterjen, endapan air keras, dan jamur atau jamur di sekitar tutupnya. Hal ini bisa meninggalkan residu pada cucian atau menyebabkan item keluar dari cucian dengan bau yang tak enak. Untuk mempertimbangkan baju dan seprai yang baru dicuci sebersih mungkin, ikuti langkah-langkah ini seputar metode membersihkan mesin cuci sebulan sekali. Pertanda ini berfungsi untuk membersihkan mesin cuci bukaan depan dan bukaan atas, melainkan ada sebagian pertimbangan khusus untuk kedua ragam hal yang demikian.

Simak juga : Pembersih mesin cuci

Cara Membersihkan Mesin Cuci

Bila mesin cuci Anda mempunyai fungsi pembersihan sendiri, pilih siklus itu dan ikuti tanda produsen untuk membersihkan komponen dalam mesin. Bila tak, Anda bisa memakai pelaksanaan tiga langkah simpel ini untuk menghilangkan penumpukan pada selang dan pipa mesin cuci serta mempertimbangkan baju Anda konsisten segar dan bersih.

Simak juga : washing machine cleaner indonesia

Langkah 1: Jalankan Siklus Panas dengan Cuka

Jalankan siklus kosong dan teratur dengan air panas, mengaplikasikan dua cangkir cuka putih sebagai substitusi deterjen. Tambahkan cuka ke dispenser deterjen. (Jangan kuatir perihal merusak mesin Anda, sebab cuka putih tak akan merusak baju.) Kombinasi cuka air panas menghilangkan dan mencegah pertumbuhan kuman. Cuka juga bisa berfungsi sebagai pewangi dan menghilangkan bau jamur.

Simak juga : Skincare organik

Langkah 2: Gosok Komponen Dalam dan Luar Mesin Cuci

Dalam ember atau bak cuci terdekat, campur sekitar 1/4 cangkir cuka dengan satu liter air hangat. Pakai campuran ini, ditambah spons dan sikat gigi khusus, untuk membersihkan komponen dalam mesin. Amati dispenser untuk pelembut pakaian atau sabun, komponen dalam pintu, dan di sekitar bukaan pintu. Kalau dispenser sabun Anda bisa dilepas, rendam dalam air cuka sebelum menggosok. Bersihkan juga komponen luar mesin.

Simak juga : water chemicals

Langkah 3: Jalankan Siklus Panas Kedua

Jalankan satu lagi siklus kosong dan teratur dengan panas, tanpa deterjen atau cuka. Kalau diharapkan, tambahkan 1/2 cangkir soda kudapan manis ke dalam drum untuk menolong membersihkan timbunan yang terlepas dari siklus pertama. Sesudah siklus selesai, seka komponen dalam drum dengan kain mikrofiber untuk menghilangkan residu yang tersisa. pakaian

Simak juga : specialty chemicals

Tip untuk Membersihkan Mesin Cuci dengan Bobot Atas

Untuk membersihkan mesin cuci bukaan atas, pertimbangkan untuk menjeda mesin selama siklus air panas pertama yang diuraikan di atas. Biarkan bak terisi dan bergetar selama sekitar satu menit, lalu sela siklus selama satu jam supaya cuka menyerap. pakaian

Mesin cuci bukaan atas juga cenderung mengumpulkan lebih banyak debu ketimbang mesin cuci bukaan depan. Untuk menghilangkan percikan debu atau detergen, seka komponen atas mesin dan dial mengaplikasikan kain mikrofiber yang dicelupkan ke dalam cuka putih. Pakai sikat gigi untuk menggosok komponen yang susah dijangkau di sekitar tutup dan di bawah tepi bak mandi.

Simak juga : paper chemicals

Tip untuk Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan

Dalam hal pembersihan mesin cuci bukaan depan, paking, atau segel karet di sekitar pintu, lazimnya yakni penyebab di balik cucian yang beraroma apak. Kelembaban dan sisa deterjen bisa menjadikan daerah berkembang biak bagi jamur dan lumut, jadi zona ini sepatutnya dibersihkan secara teratur. Untuk menghilangkan kotoran, semprot zona di sekitar pintu dengan cuka putih suling dan diamkan dengan pintu terbuka setidaknya selama satu menit sebelum menyeka bersih dengan kain mikrofiber. Untuk pembersihan yang lebih dalam, Anda juga dapat menyeka zona hal yang demikian dengan larutan pemutih yang diencerkan. Untuk mencegah tumbuhnya jamur atau lumut, biarkan pintu terbuka selama sebagian jam sesudah tiap kali mencuci supaya kelembapannya mengering.

https://www.indochem.co.id/

Baru di pasar, tablet pembersih mesin cuci seperti Affresh ($ 11,99 untuk paket 6, The Home Depot) dan pembersih cair seperti Pembersih Mesin Cuci Clorox menawarkan solusi pilihan untuk diaplikasikan untuk pembersihan bulanan. Tetapi, langkah-langkah sepatutnya konsisten diambil untuk membersihkan paking dan eksterior, dan seringkali cuka yakni alternatif yang lebih relatif murah.

Plastik Beserta Kegunaan dan Bahayanya Sebab Mengandung Kimia