Cara Memastikan Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja

Setiap tempat kerja perlu memastikannya memenuhi peraturan kesehatan dan keselamatan yang tepat. Memiliki proses keselamatan dan keamanan organisasi dapat membantu mengelola dan mencegah cedera, pencurian, dan kerusakan di tempat kerja. Sebagai pemberi kerja bisnis kecil, Anda memiliki tanggung jawab kepada karyawan Anda untuk menjaga keselamatan tempat kerja. Berikut adalah cara Anda agar dapat memastikan keselamatan dan keamanan di tempat kerja.

1) Menerapkan Sistem Keamanan Dan Mempromosikannya

Sistem keamanan yang tepat bukan lagi barang mewah yang disediakan untuk bisnis besar. Dengan lebih banyak pilihan yang tersedia di pasar, memiliki pengawasan video semakin umum untuk usaha kecil.

Setelah Anda memiliki sistem keamanan Anda, pastikan Anda membuat penyusup potensial menyadari bahwa ada sistem. Seorang perampok cenderung tidak menargetkan tempat tinggal jika mereka melihat kamera keamanan atau tanda-tanda. Bisnis dapat mengikuti contoh ini dan mencegah penjahat menyerang dengan mengiklankan langkah-langkah keamanan mereka. Pastikan Anda memiliki tanda tentang sistem keamanan Anda di setiap titik masuk dan keluar.

2) Periksa Semua Titik Keluar & Masuk Secara Teratur

Ruang penerima tamu yang terbuka, lift yang rusak, dan tangga darurat yang tidak aman dapat memberikan peluang bagi pelaku untuk masuk dan berpotensi mengakses tempat kerja Anda.

Periksa secara teratur area ini untuk mengidentifikasi apakah ada kerentanan dan pastikan untuk memperbaikinya di properti Anda sesegera mungkin. Mayoritas penyusup memasuki bisnis melalui pintu dan jendela. Periksa ini terus menerus.

3) Latih Semua Karyawan

Karyawan sering menjadi mata dan telinga Anda saat Anda tidak hadir. Adalah penting bahwa semua karyawan Anda ikut serta dalam melindungi bisnis Anda dan memiliki pengetahuan tentang prosedur keselamatan dan keamanan Anda. Promosikan minat pada keselamatan dan keamanan bisnis dengan melibatkan tim Anda dalam proses perencanaan untuk prosedur ini. Beri mereka kesempatan untuk memberikan masukan dan umpan balik untuk membantu memberi mereka rasa tanggung jawab.

Beberapa area utama untuk memastikan bahwa karyawan memiliki pelatihan meliputi:

  • Menangani dan memproses uang tunai dengan cara yang aman
  • Praktik aman saat membuka dan menutup bisnis
  • Melaporkan aktivitas mencurigakan

4) Ciptakan Budaya Sekitar Keselamatan dan Keamanan

Jadwalkan sesi penyegaran keselamatan reguler tentang keamanan tempat kerja untuk staf Anda dan sertakan pelatihan mendalam selama orientasi untuk karyawan baru. Berikan kesempatan bagi karyawan untuk secara anonim melaporkan masalah apa pun yang mereka lihat jika mereka merasa tidak dapat berbicara di depan umum tentang sesuatu yang mungkin telah mereka saksikan.

5) Ruang Kerja Aman

Meskipun ada penekanan utama untuk mencegah penyusup potensial memasuki kantor, tindakan pencegahan dapat diambil untuk meminimalkan pencurian dan kerusakan jika seseorang masuk.

Tempat termudah untuk memulai adalah dengan mengingatkan karyawan untuk tidak meninggalkan barang berharga di tempat terbuka atau di tempat yang mudah dijangkau. Kunci semua dokumen, terutama jika berisi informasi sensitif, di lemari arsip. Simpan semua dokumen yang perlu disobek di tempat yang aman dan rahasia. Biasakan tim Anda untuk memeriksa dan mengunci pintu dan jendela jika mereka terlambat.

Waktu yang diinvestasikan dalam memastikan keselamatan dan keamanan tempat kerja terbayar dalam jangka panjang. Jika menerapkan kebijakan dan prosedur keselamatan untuk bisnis Anda tampak berlebihan, pertimbangkan untuk mendatangkan pakar untuk konsultasi manajemen risiko.

Baca Juga: Jasa Keamanan Satpam