Berawal dari Uap sampai Energi Mesin. Singkat Penemuan Kendaraan Roda 4

Empat dapat dibilang sebagai salah satu kendaraan yang serbaguna dan lebih aman. Ketika ini, telah ada berjenis-jenis macam kendaraan beroda empat yang dapat kau beli dengan fitur-fitur tertentu. Mulai dari off-road, sedan, coupe, sport utility vehicle (SUV), sampai multi purpose vehicle (MPV).

Kunjungi Juga : Rental Sewa Mobil Untuk Perusahaan

Terciptanya kendaraan ini amat mempermudah mobilitas manusia. Kau dapat pergi ke suatu daerah dengan keluarga tanpa kena cahaya sang surya atau hujan. Dapat dibilang, kendaraan beroda empat yaitu kendaraan yang populer diterapkan ketika ini.

Tapi, kau pasti belum tahu siapa penemu kendaraan beroda empat pertama kali. Untuk itu, yuk simak ulasan singkat seputar biodata, sejarah dan fakta menarik seputar penemuan kreatif kendaraan beroda empat selengkapnya berikut ini!

Semasa hidupnya, Karl Benz cuma menikah dengan seorang wanita bernama Bertha Benz. Mereka dikaruniai 5 orang buah hati; Eugen, Richard, Clara, Ellen, dan Thilde.

Semenjak kecil, dia memang telah berminat dengan ilmu sains. Dia merupakan salah satu siswa di Universitas Karlsruhe dengan pengarahan Ferdinand Redtenbacher, seorang pioneer jurusan mesin di tingkat universitas.

Sesudah tamat dia membuka bengkel bersama rekan-rekannya dan berangan-angan untuk menghasilkan sebuah kereta kuda tanpa kuda.

Penelitiannya diawali sekitar tahun 1878 dengan hasil desain utama bernama Benz Patent Motorwagen. Kendaran ini merupakan kendaraan roda tiga mirip sepeda. Dengan desainnya ini pula, dia sudah menghasilkan penemuan kreatif luar lazim yang yaitu cikal bakal kendaraan beroda empat berbahan bensin.

Karl Benz merupakan salah satu pendiri dari Benz & Co yang kemudian bergabung dengan perusahaan Daimler dan berganti nama menjadi Mercedes Benz. Hingga ketika ini, Mercedes-Benz konsisten berproduksi dan diketahui dengan produk super dan sport car-nya.

Bermula dari Keperluan Militer

Sejarah ditemukannya kendaraan beroda empat pertama kali terjadi pada tahun 1769 oleh Nicolas Joseph Cugnot. Cugnot merupakan seorang spesialis mesin militer Perancis yang berkeinginan menolong tentara mengangkat meriam dengan membikin sebuah kendaraan roda tiga bertenaga uap.

Penemuannya segera menginspirasi William Murdock yang berprofesi sama dengan James Watt pada tahun 1784 di Inggris untuk menghasilkan kendaraan beroda empat bermesin uap pula.

Kreatif berikutnya juga terjadi di Inggris pada tahun 1801, di mana Richard Trevithick mengoptimalkan kendaraan hal yang demikian menjadi gerobak uap dengan sebagian fitur tambahan seperti rem, setir, transmisi multi kecepatan, dan peningkatan kecepatan.
Kreatif Empat Bertenaga Bensin

Sesudah 85 tahun bersela, Karl Benz menemukan kendaraan beroda empat bertenaga bensin. Walau masih dalam tahap permulaan, desain mobilnya sanggup berjalan lebih bagus dan pesat. Penemuannya masih belum dikenal publik sampai istrinya, Bertha Benz, mengendarai kendaraan beroda empat hal yang demikian tanpa sepengetahuan Karl Benz.

Terkait Lainnya : https://www.mpm-rent.com/

Semenjak ketika itu, kendaraan beroda empat penemuan Karl Benz menjadi populer. Dia malah diakui sebagai penemu kendaraan beroda empat bertenaga bensin pertama di dunia.

Sesudah kendaraan beroda empat bertenaga bensin, pada Januari 1901, Ferdinand Porsche menemukan Lohner-Porsche Mixte Hybrid, kendaraan beroda empat mesin hybrid pertama di dunia. Perkembangan industri kendaraan beroda empat malah terus berkembang. Antara mesin bertenaga uap, bensin, hybrid, dan listrik dalam sebagian dekade hal yang demikian.

Tapi, semenjak tahun 1910-an, kendaraan beroda empat bertenaga bensin menjadi kesukaan banyak orang yang membikin penemuan kreatif Karl Benz itu lebih unggul dari yang lain. Perusahaan-perusahaan kendaraan beroda empat malah turut bersaing termasuk Benz, Ford, Porsche, dan banyak produsen kendaraan beroda empat kecil lainnya.

 

Baca Juga : Rental Mobil Terbesar di Indonesia