Bangunan Mirip Pesawat Alien Ini Rupanya Rumah Hunian

Perumahan dan hunian yakni satu info penting dalam kehidupan masyarakat perkotaan. Kian tinggi harga tanah semakin mencekik dan seakan makin susah untuk mempunyai rumah pribadi. Di bermacam kota besar, harga rumah semakin susah relatif murah generasi milenial. Hasilnya, masyarakat seakan cuma punya satu alternatif, yaitu menyewa rumah dengan atap polycarbonate.

Kadang memang kita butuh jalan-jalan ke Belanda. Di negara kincir angin ini, ada satu format perumahan lucu dan hemat lahan. Namanya Bolwoningen, ‘rumah alien’ yang rupanya memang hunian manusia, nggak ada aliennya sama sekali. Memang sih mirip pesawat luar angkasa. Hehehe. Ketimbang penasaran, yuk cuss ke Belanda lihat Bolwoningen ini!

Bukan, sama sekali bukan pesawat atau rumah alien. Padahal mirip di film fiksi ilmiah, bangunan ini diciptakan dari manusia dan untuk manusia kok. Nggak ada hubungannya dengan alien. Fungsinya bukan juga untuk laboraturium, tetapi perumahan. Perumahan ini bernama Bolwoningen yang berarti rumah yang berbentuk bola. Lokasi ‘rumah alien’ ini berada di Massport, pinggiran kota Dan Bosh, Belanda. Mengasyikan ya kayanya tinggal di sana! – https://pusatatapmodern.com/pasang-kanopi/

Diiniasai oleh Dries Kreijkamp, rumah Bolwoningen ini dibangun pada tahun 1984 di pinggiran kota Dan Bosch. Bolwoningen ini dibangun sebagai solusi perumahan di Belanda yang mulai padat dan mahal. Di rumah berbentuk bola ini tentu lahan yang diperlukan menjadi lebih sedikit, sementara sekelilingnya dapat disediakan pohon-pohon dan juga kanal yang menawan.

Di tiap rumah berbentuk bola ini, suasananya memang terasa seperti di dunia lain. Dinding-dinding melengkung dengan banyaknya kaca bundar seakan berada di pesawat luar angkasa. Banyaknya kaca yang memutari Bolwoningen ini diciptakan supaya menghasilkan kesan menyatu bersama alam. Sedikit ironis sih, dari luar nuansanya luar angkasa, dari dalam justru terasa menyatu dengan alam. – https://pusatatapmodern.com/atap-solartuff/

Rumah ini terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar untuk daerah tidur, lantai tengah berisi kamar mandi tersembunyi (lantai dasar dan tengah ini cukup kecil), sementara lantai atas untuk ruang keluarga. Di lantai atas ini relatif luas dengan jendela kaca yang banyak.

Panorama dari dalam bahkan semacam itu menawan, sebab rumah lain dirancang berdekatan berpadu dengan pohon-pohon, rumput, dan juga kanal. Sementara ruang dapur, ruang kerja, ruang bersantai, semuanya ada di ruangan paling atas ini. Diameter rumah di lantai atas 5,5 meter, ya cukup nyaman lah untuk ditinggali satu keluarga.

Yang menarik yaitu kaca di lantai tiga ini didesain dapat berputar dengan ukuran yang cukup besar. Kecuali mempermudah pencahayaan, penghuni rumah bahkan nggak akan merasa sumpek di dalam bola besar ini.

Semenjak pembangunannya, rumah Bolwoningen ini telah menjelang umur ke 33. Dia timbul di antara rumah-rumah tradisional yang berada di sekitarnya. Padahal semacam itu rumah ini masih terlihat kuat, baru dan juga futuristik. Hingga ketika ini rumah ini masih terus dihuni, entah hingga kapan. Yang terang hingga kapan saja, rumah alien ini akan konsisten keren kok.

 

 

Kunjungi Juga : https://pusatatapmodern.com/mengenal-lebih-dalam-mengenai-atap-alderon/