Fungsi dan Jenis Aluminium Tape

Jika selotip pada umumnya terbuat dari bahan dasar plastik, maka selotip aluminium terbuat dari bahan khusus yang mampu menahan suhu yang panas. Dari namanya saja kita semua sudah tau bahwa bahan utama yang digunakan untuk membuat selotip ini adalah aluminium. Selotip aluminium merupakan jenis selotip khusus yang dibuat untuk berbagai macam keperluan. Keunggulan pada selotip ini ada pada daya rekatnya yang lebih kuat dan juga bisa tahan terhadap suhu panas.

Dari beragam jenis selotip yang ada, kelebihan pada selotip ini jarang ditemui pada jenis selotip lainnya. Untuk memahami lebih lanjut mengenai selotip aluminium ini, mari simak penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Cloth Tape

Fungsi Selotip Aluminum

Dengan bahan dasar aluminium, selotip ini tahan terhadap api, panas, dan perubahan cuaca yang kadang tidak menentu. Karena selotip ini tahan panas dan juga perubahan cuaca, selotip jenis ini cocok untuk penggunaan di dalam maupun di luar ruangan. Pada sektor industri, selotip aluminium sering digunakan untuk konstruksi pipa, pemanasan, ventilasi, hingga untuk penyegelan. Selotip aluminium ini juga bisa digunakan untuk melapisi exhaust wrap. Selain itu, selotip aluminium ini bisa juga digunakan untuk keperluan rumah tangga, seperti menambal panci, penggorengan, dan peralatan dapur lainnya. Ketika datang ke bangunan dan konstruksi, selotip aluminium adalah selotip perekat yang paling banyak digunakan untuk mengatasi atap yang bocor atau melindungi benda yang rentan rusak oleh panas.

Jenis Selotip Aluminium

Selotip aluminium ini terdapat beberapa jenis antara lain sebagai berikut.

1. Basic Type
Selotip aluminium jenis basic type ini dilengkapi dengan perekat kertas tambahan. Selotip jenis ini mempunyai kelebihan mampu menahan cuaca yang tinggi dan mempunyai daya rekat yang tahan lama. Selotip jenis ini terbuat dari bahan dasar logam aluminium, sehingga selotip ini lebih tahan panas dan dingin dibandingkan selotip jenis yang lainnya. Kecakapannya dalam menghantarkan panas juga cukup tinggi, sehingga dapat digunakan untuk menjaga kelembapan atau mendinginkan berbagai benda. Namun, jika dibandingkan dengan jenis selotip aluminium lainnya, basic type adalah jenis selotip aluminium yang memiliki kekuatan yang paling rendah. Adapun selotip aluminium jenis basic type ini dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga, seperti untuk menahan suhu panas kompor. Dan untuk harganya, selotip ini mempunyai harga yang terjangkau dibandingkan yang lainnya.

Cek Juga: Stationary Tape

2. Glass Cloth Type
Jenis lain dari selotip aluminium yang lainnya, yaitu Glass Cloth Type. Perbedaan glass cloth type dengan basic type adalah jenis glass cloth type ini terdapat tambahan kain kaca pada permukaan selotip. Oleh sebab itu, selotip ini cocok digunakan pada benda yang sensitif terhadap panas, misalnya kabel. Namun, meskipun glass cloth tape ini punya daya tahan panas dan dingin yang lebih baik dibandingkan basic type, tetapi kain kaca yang digunakan membuat selotip aluminium jenis ini lebih tebal.

3. Kraft Type
Jenis selotip aluminium yang terakhir, yaitu kraft type. Jenis selotip ini terbuat dari bahan dasar kertas dan aluminium yang mempunyai kualitas yang tinggi agar menghasilkan daya rekat yang juga tinggi. Namun, selotip ini juga mempunyai kelemahan, yaitu kurang tahan dengan suhu yang tinggi dan tidak dapat digunakan pada area yang dekat dengan air. Walaupun mempunyai kelemahan, namun selotip yang satu ini dapat digunakan untuk merekatkan dua benda tahan panas sekaligus.

Sumber: Selotip Aluminium