MESIN GERINDA DATAR

MESIN GERINDA DATAR
Mesin Gerinda Datar (Surface Grinding Machine) yaitu salahsatu macam mesin perkakas yang berfungsi untuk menghaluskan/ memfinising permukaan benda kerja pada bidang datar/rata, dengan tingkat hasil kehalusan permukaan bisa menempuh hingga dengan N5.

Bidang datar/ rata dimaksud mencakup, datar paralel, datar bertingkat, datar miring, datar alur dan datar profil. Pengikatan benda kerja dilaksanakan dengan mencekam pada meja magnetik atau mengaplikasikan alat pencekam lainnya, yang bergerak mencontoh gerakkan meja mendatar arah bolak-balik atau berputar. Variasi-ragam Mesin Gerinda Datar (Surface Grinding Machine)

Untuk bisa menciptakan produk penggerindaaan cocok tuntutan perkerjaan, mesin gerinda datar digolongankan menjadi dua macam merupakan,
menurut posisi sumbu spindel utama dan gerakan meja; dan
menurut pelayanan pengoperasiannya.

Mesin Gerinda Datar Menurut Posisi Sumbu Spindel Utama dan Gerakan Meja:

Mesin gerinda datar kalau diamati dari posisi sumbu spindel utama dan gerakan mejanya, bisa dibagi menjadi 4 (empat) merupakan:
Mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja bolak-balik
Mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja berputar,
Mesin gerinda datar spindel vertical dengan gerak meja bolak-balik dan
Mesin merinda datar spindel vertical dengan gerak meja berputar.

Baca : Gerinda murah

1) Mesin Gerinda Datar Spindel Horizontal Dengan Gerak Meja Bolak- Balik.

Prinsip kerja mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja bolak-balik yaitu, akan terjadi pengerjaan pemotongan sekiranya roda gerinda berputar pada posisi horizontal (sejajar jarum jam) dan bersentuhan/ bersinggunggan dengan benda kerja yang bergerak mendatar bolak-balik.

Tipe mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja bolak- balik terdapat dua macam merupakan:
mesin gerinda datar posisi spindel horizontal dengan gerak meja bolak-balik (kolom mesin satu buah)
mesin gerinda datar posisi spindel horizontal dengan gerak meja bolak-balik (kolom mesin dua buah).

Tipe mesin gerinda datar yang pertama, spindel mesin cuma bisa bergerak satu arah merupakan naik/ turun arah vertikal sebab cuma memilki satu kolom mesin sebagai pengarahnya. Untuk macam mesin gerinda datar yang kedua, spindel mesin bisa bergerak dua arah merupakan naik/ turun arah vertikal dan bergerak kesamping kanan/ kiri arah horisontal, sebab mempunyai dua kolom mesin sebagai pengarahnya. Mesin gerinda datar macam ini, diaplikasikan untuk menggerinda benda kerja berbentuk persegi panjang dengan bidang permukaan rata, betingkat atau menyudut.

2) Mesin Gerinda Datar Spindel Horizontal Dengan Gerak Meja Berputar.

Prinsip kerja mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja berputar yaitu, akan terjadi pengerjaan pemotongan sekiranya roda gerinda berputar pada posisi horizontal (sejajar jarum jam) dan bersentuhan/ bersinggunggan dengan benda kerja yang bergerak mendatar mencontoh gerakan meja yang berputar.

Mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja berputar diaplikasikan untuk menggerinda benda kerja berbentuk bulat dengan bidang permukaan rata.

3) Mesin Gerinda Datar Spindel Vertical Dengan Gerak Meja Bolak-Balik

Prinsip kerja mesin gerinda datar spindel vertikal dengan gerak meja bolak-balik yaitu, akan terjadi pengerjaan pemotongan sekiranya roda gerinda berputar pada posisi vertical (sejajar jarum jam) dan bersentuhan/ bersinggunggan dengan benda kerja yang bergerak mendatar bolak-balik mencontoh gerakan meja.

Mesin gerinda datar spindel vertical dengan gerak meja bolak-balik, diaplikasikan untuk menggerinda benda-benda berpermukaan rata, lebar dan menyudut,

4) Mesin Gerinda Datar Spindel Vertical Dengan Gerak Meja Berputar

Prinsip kerja mesin gerinda datar spindel vertical dengan gerak meja berputar yaitu, akan terjadi pengerjaan pemotongan sekiranya roda gerinda berputar pada posisi vertical (sejajar jarum jam) dan bersentuhan/ bersinggunggan dengan benda kerja yang bergerak mendatar mencontoh gerakan meja yang berputar.

Mesin gerinda datar spindel vertical dengan gerak meja berputar diaplikasikan untuk menggerinda permukaan rata pada sebuah poros dengan jumlah banyak. Tipe mesin gerinda datar macam ini terdapat sebagian type diantaranya, pertama: mesin gerinda datar posisi spindel vertical (kolom mesin satu buah), kedua: mesin gerinda datar posisi spindel vertical (kolom mesin dua buah) dan ketiga: mesin gerinda datar posisi spindel vertical (spindel mesin dua buah).

Mesin Gerinda Datar Menurut Pelayanan Pengoperasiannya:

Mesin gerinda datar kalau diamati dari pelayanan pengopersiaannya, bisa dibagi menjadi empat merupakan:

1) Mesin Gerinda Datar Manual

Mesin gerinda datar manual yaitu salah satu macam mesin gerinda datar yang pelayanan pengoperasiaannya dilaksanakan secara manual. Pengertiaannya yaitu dalam menggerakkan/ mengontrol meja untuk setting dan pemakanan arah memanjang ataupun melintang termasuk mengontrol posisi spindel roda gerinda semestinya dilaksanakan secara manual, sebab mesin gerinda datar macam ini cuma difasilitasi pengopersiannya via system mekanik.

2) Mesin Gerinda Datar Semi Otomatis

Mesin gerinda datar semi otomatis yaitu salah satu macam mesin gerinda datar yang pelayanan pengoperasiaannya dilaksanakan secara semi otomatis. Pengertiaannya yaitu dalam menggerakkan/ mengontrol meja arah memanjang bisa dilaksanakan secara otomatis (tak termasuk gerakan melintang dan spindel mesin), sebab mesin gerinda datar macam ini telah difasilitasi pengopersiannya via gabungan system mekanik dan hidroulik. Melainkan demikian sekiranya mengharapkan menggerakkan/ mengontrol meja arah memanjang secara manual, mesin gerinda datar macam ini masih konsisten bisa diaplikasikan dengan pengoperasian secara manual.

3) Mesin Gerinda Datar Otomatis

Mesin gerinda datar otomatis yaitu yaitu salah satu macam mesin gerinda datar yang pelayanan pengoperasiaannya bisa dilaksanakan secara otomatis. Pengertiaannya yaitu dalam menggerakkan/ mengontrol meja arah memanjang ataupun melintang termasuk mengontrol posisi spindel roda gerinda bisa dilaksanakan secara otomatis, sebab mesin gerinda datar macam ini telah difasilitasi pengopersiannya via system mekanik dan hidroulik secara komplit. Melainkan demikian sekiranya mengharapkan penerapan secara manual, mesin gerinda datar macam ini masih konsisten bisa diaplikasikan dengan pengoperasian secara manual.

4) Mesin Gerinda Datar Computer Numerical Control (CNC)

Mesin gerinda datar computer numerical control yaitu salah satu macam mesin gerinda datar yang pelayanan pengoperasiaannya bisa dilaksanakan via komando atau instruksi berupa kode-kode dan angka yang telah distandarkan. Pengertiaannya yaitu dalam menggerakkan/ mengontrol meja arah memanjang ataupun melintang termasuk mengontrol posisi spindel roda gerinda dan besar pemakanan bisa dilaksanakan secara otomatis via pemograman dari komputer, sebab mesin gerinda datar macam ini telah difasilitasi pengopersiaannya via system computerisasi.

Mesin gerinda datar macam ini bisa menciptakan produk penggerindaan yang kepresisiannya betul-betul tinggi kalau diperbandingkan dengan mengaplikasikan macam mesin gerinda datar lainnya, sebab seluruh pengontrolan pengoperasiaannya bisa dikuasai via program dari computer.

 

Terkait : Gerinda tangan