Pengenalan alat-alat dan teknik sterilisasi

Alat Sterilisasi

Aktivitas yang pertama yakni pengenalan alat-alat, teknik sterilisasi. Pengenalan alat yang berhubungan dengan mikroba betul-betul penting sebab dengan pengenalan alat, mahasiswa bisa membedakan alat-alat yang dibutuhkan dalam sterilisasi, isolasi, dan identifikasi mikroba. Pada pengenalan alat diberi tahu sebagian alat seperti: autoclave, petridish, tabung tanggapan, Erlenmeyer, ose, drigalsky, lampu Bunsen, dan laminar flow. Sesudah diberi tahu alat-alat yang dibutuhkan dalam praktikum ini juda digambarkan komponen-komponen autoclave serta metode pengaplikasian autoclave secara awam.

Pada aktivitas pertama ini digambarkan teknik sterilisasi mulai dari metode mensterilakan alat seperti pada tabung tanggapan, petridish, dan Erlenmeyer. Pada tabung tanggapan dan Erlenmeyer lubang komponen atas ditutup dengan kapas secara kuat supaya tak ada udara yang masuk, kemudian ditutup dengan kertas payung dan berikutnya diikat dengan karet sampai cepat/kuat. Pada petridish, dua pasang petridish dibungkus dengan kertas payung kemudian diikat dengan karet dan dipastikan tak ada udara yang bisa masuk. Alat-alat yang telah dibungkus kemudian disterilkan pada sebuah alat yang disebut autoclave (automatic steam sterilization) sampai temperatur 121 ̊C.

Info Selengkapnya Tentang Kompresor Angin : https://www.teknikmart.com/kompresor-angin-dan-perlengkapan.html

Sebelum mengerjakan aktivitas yang berhubungan dengan mikrobiologi, praktikan, alat-alat praktikum dan lingkungan sekitar (meja praktikum) seharusnya dalam situasi steril sehingga bisa mengurangi terjadinya kontaminasi. Dengan mengerjakan sterilisasi diinginkan bakteri-bakteri dan mikroorganisme saingan akan mati. Sterilisasi hal yang demikian menerapkan larutan alkohol.

Adapun metode penerapan alkohol yakni dengan menyemprotkan pada tangan dan lingkungan sekitar seperti meja dan daerah yang akan diterapkan untuk praktikum kemudian mengusapnya sampai kering dan untuksterilisasi alat dengan metode mencelupkannya pada larutan alkohol, umumnya pada alat yang diterapkan untuk mengambil kuman atau jamur. Pada penyemprotan alkohol seharusnya dilaksanakan di daerah yang jauh dari api supaya tak terjadi kebakaran. Pada ketika menerapkan alat dan mengerjakan aktivitas sebaiknya didekatkan pada nyala api.

Sterilisasi dengan autoclave yaitu teknik sterilisasi yang paling bagus, hal ini sebab uap air panas dengan tekanan tinggi memperbesar penetrasi uap air dalam sel-sel mikrobia yang menyebabkan koagulasi protein-protein protoplasma.

 

 

Berita Lain Tentang Bor Listrik : https://www.teknikmart.com/power-tools-dan-pengukuran/power-tools-listrik/bor-obeng-listrik.html