Ohm-meter

Hasil gambar untuk ohmmeter

Ohmmeter merupakan alat pengukur hambatan atau tahanan suatu bagian. Penilaian hambatan ini dilaksanakan pada ketika mesin mati, dalam kondisi tanpa arus listrik, atau sumber arus listriknya sudah diputuskan.

Pengaplikasian ohmmeter yang lama akan membikin baterainya menjadi lemah dan mengakibatkan pembacaan penilaian menjadi tak pas. Karena itu, dikala diaplikasikan untuk menilai tahanan suatu rangkaian bagian listrik atau lainnya, secara khusus dulu dilaksanakan kalibrasi ohmmeter.

Pengaplikasian ohmmeter untuk pemeriksaan tahanan system kelistrikan otomotif cukup banyak, seperti menilai tahanan kabel tegangan tinggi, tahanan lilitan dalam alternator, tahanan resistor pada system pengapian konvensional (pada mbil), dan lainnya.

Seumpama penilaian resistor pada koil pengapian. Selector tahanan alat ohmmeter diberi nasihat pada poin tahanan yang pantas, kemudian hubungkan terminal positif dan negative ohmmeter pada kedua ujung resistor. Bacalah poin tahanan resistor hasil penilaian dan sesuaikan dengan spesifikasi pabrik.

Berita Lain Tentang Mesin Las : https://www.teknikmart.com/mesin-las.html

Multimeter (AVO)

Multitester atau multimeter kerap kali juga disebut AVO meter yang dimana AVO ini yakni singkatan dari Ampere-Volt-Ohm. Avo meter merupakan alat uku yang berfungsi untuk menilai kuat arus listrik, tegangan dan tahanan rangkaian kelistrikan, dan kekerabatan singkat bagian system kelistrikan.

Terdapat dua ragam multimeter, ialah ragam komputerisasi yang penunjukan hasil pengevaluasiannya segera dengan angka-angka, dan multimeter analog yang memakai jarum penunjuk sebagai penunjuk hasil penilaian. Multimeter yakni alat yang sensitif kepada medan magnet. Dengan demikian, multimeter tak boleh disimpan dalam suatu lapangan magnit yang kuat karena bisa mengurasingi sensitivitas alat ukur. Baterai yang sudah habis yang dibolehkan tinggal dalam alat multimeter bisa menyebabkan masuknya elektrolit ke dalam bagian sehingga menyebabkan kerusakan.

Dikala hendak memakai multimeter secara khusus dulu selector diberi nasihat pada alternatif ragam penilaian yang akan dilaksanakan seumpama tahanan (Ω), arus (A), voltase (V) dan sesuaikan dengan alternatif range poin penilaian setiap-setiap jenispengukuran seumpama 25 V, 50 V, 250 mA, X1 Ω, X10 Ω, lalu kalibrasi supaya alat penunjukan ukuran hasil penilaian dengan pas. Berikutnya pembacaan hasil penilaian pada skala ukur disesuaikan dengan alternatif penilaian yang diberi nasihat selector.

 

 

Alat Teknik Yang Kami Jual, Anda Juga Bisa Mengunjunginya Di : https://www.teknikmart.com/