Alat Ukur Elektrik

Alat Ukur

Alat ukur listrik yaitu suatu alat yang diterapkan untuk menilai besaran listrik seperti tegangan (V), Arus (I), tahanan (Ω) dan tenaga (W). alat ukur listrik yang lazim diterapkan pada bengkel otomotif yaitu multimeter/ Avometer (Ampere-Volt-Ohm meter).

Berita Lainnya Tentang Mesin Diesel Untuk Keperluan Harian : https://www.teknikmart.com/mesin-dan-motor-penggerak/mesin-serbaguna/mesin-serbaguna-diesel.html

Ampreremeter

Amperemeter yaitu alat yang diterapkan untuk menilai besar arus listrik pada jaringan atau instalasi kelistrikan. Pengaplikasian amperemeter yang benar yaitu dikaitkan secara seri dengan rangkaian yang hendak dinilai arusnya.
Tahanan dalam amperemeter benar-benar kecil sehingga kalau dikaitkan secara sejalan pada penilaian arus listrik akan terjadi kekerabatan singkat yang mengakibatkan rrusaknya amperemeter.

Sebagai figur, amperemeter, amperemeter akan diterapkan untuk menilai kuat arus aki sebuah sepeda motor. Tak dibetulkan mengaitkan lantas terminal positif aki dengan salah satu kabel terminal amperemeter dan mengaitkan kabel terminal amperemeter lain dengan terminal negatif aki (dikaitkan secara sejalan). Penyambungan secara lantas ini akan mengakibatkan terjadinya kekerabatan singkat yang menyebabkan kerusakan pada amperemeter.

Jikalau hendak menilai arus aki, secara khusus dulu sepatutnya memeriksa rangkaian listrik sepeda motor seperti cara penerangan, klakson, dan sebagainya yang memakai aki sebagai sumber arus, baru kemudian bisa dinilai arus baterai yang digunakan untuk cara penerangan itu. Pengaplikasian amperemeter yang benar yaitu dengan mengaitkan terminal negatif amperemeter pada kabel arus positif aki. Kemudian hubungkan terminal positif amperemeter dengan kabel cara penerangan.

Voltmeter
Voltmeter yaitu alat yang diterapkan untuk menilai besar tegangan listrik yang mengalir dalam sebuah rangkaian listrik pada sebuah sumber arus seperti aki, generator, alternator, dan sebagainya.

Berbeda dengan amperemeter yang dikaitkan secara seri, pemakaian voltmeter dijalankan dengan mengaitkan secara sejalan kepada kedua ujung rangkaiannya. Terminal positif voltmeter dikaitkan dengan sumber arus listrik, meski terminal negative dikaitkan dengan massa atau terminal negative.

Pada figur penilaian seperti pada gambar di atas, untuk mengenal besarnya arus listrik yang mengalir pada rangkaian cara penerangan karenanya prosedur penilaiannya dengan mengaitkan kabel terminal positif voltmeter pada kabel arus cara penerangan. Walaupun kabel negatif voltmeter dikaitkan dengan massa atau terminal negatif aki.

 

 

Produk Lain Dari Web Kami : https://www.teknikmart.com/peralatan-pembersih/luar-ruangan/pressure-washer.html