Anies: Cek Semua Bangunan Industri

Anies: Cek Semua Bangunan Industri

Plat Bordes  – Pemprov DKI Jakarta akan memeriksa bangunan-bangunan industri. Pemeriksaan mencakup apakah bangunan hal yang demikian mempunyai sumur resapan, IPAL, dan pengolahan air tanah layak regulasi.

Gubernur Anies Baswedan mengatakan pemeriksaan dikerjakan mulai hari, Senin (9/7). Pagi tadi Pemprov DKI Jakarta apel pengerjaan survei Regu Pengawasan Terpadu Penyediaan Sumur Resapan dan Instalasi Pengolahan Air Limbah serta Pemanfaatan Air Tanah di wilayah Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP).

“Pemeriksaan ini dikerjakan dua kawasan. Mulai dari tanggal 9 sampai 20 Juli akan datang. Sempurna ada 80 bangunan di wilayah industri Jakarta Barat dan Timur yang akan diperiksa,” kata Anies.

Tiap-tiap hari, katanya, regu Pemprov DKI akan melaksanakan pemeriksaan di tiap-tiap bangunan industri satu per satu. Khususnya penyediaan sumur resapan, instalasi pengolahan air limbah, serta pemanfaatan air tanah pada bangunan industri.

“Dengan sempurna ada 120 petugas yang akan melaksanakan pemeriksaan. Satu regu terdiri atas sebagian SKPD berhubungan,” katanya.

SKPD berhubungan yang dimaksud yaitu Dinas Cipta Karya Tenaga Ruang dan Pertanahan, Dinas Perindustrian dan Daya, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Sumber Maka Air, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, PDAM, PD PAL, Satpol PP, dan faktor Pemprov.

Anies mengatakan membangun Jakarta menjadi kota yang maju sepatutnya didorong lingkungan hidup yang berkelanjutan, sehingga perlu upaya serius diawali dari perubahan prilaku melalu pengawasan terpadu. Hasil akhir pemeriksaan regu bukan daftar pelanggar, tapi daftar koreksi dan kemajuan lingkungan hidup.

” dari itu sepatutnya ada perubahan perilaku berkesibukan di Jakarta mulai dari ketertiban pengelolaan air limbah dan sumur resapan,” tuturnya.

Artikel Terkait: Besi Siku