Hati-Hati! Indonesia Ternyata Berada Di Urutan Atas Rawan Ransomware Di Asia Pasifik

 

 

Cyber Security Indonesia 2017 – Seperti yang kita ketahui, bahwa beberapa waktu yang lalu seluruh perangkat digital yang ada di Indonesia sempat dilanda isu penyerangan siber dari sebuah ransomware yang berasal dari luar negeri. Tak hanya itu saja, sebenarnya ada banyak sekali ancaman ransomware yang datang ke pihak keamanan siber Indonesia. Maka tak heran jika dalam sebuah survey yang dilakukan, Indonesia berada di posisi atas di Asia Pasifik dengan tingkat ancaman ransomware yang tinggi.

 

Matthias Yeo, selaku Chief Technology Officer Symantec mengaku dalam beberapa tahun terakhir telah mengamati tentang perilaku peningkatan ancaman ransomware ini di Indonesia. Dirinya juga mengatakan bahwa malware dengan jenis seperti ini bisa dengan mudah menyamar dan menyatu dalam lalu lintas terenkripsi, serta melalui pengunduhan secara diam-diam yang dikhawatirkan akan menjadi sebuah mekanisme ancaman lebih lanjut, yang terjadi secara terus menerus.

 

Sebagaimana yang tercatat dalam laporan tahunan Symantec berjudul Internet Security Threat Report (ISTR), pihaknya telah mencatat bahwa setiap tahunnya selalu ada peningkatan infeksi dari ransomware di Indonesia.

 

“Berdasarkan catatan kita, ada 1 dari 156 email di Indonesia yang menyimpang serangan malware secara diam-diam. Dan 40.000 lebih serangan ransomware setiap bulannya berhasil dideteksi oleh pihak kami. Dan di enam bulan pertama, kami juga mencatat bahwa hampir seluruh perusahaan dari semua sektor berkontribusi sebesar 42 % dari keseluruhan infeksi serangan ransomware yang muncul. Dan salah satunya yang paling mencolok adalah WannaCry dan Petya,” ujar Matthias.

 

Guna mengantisipasi tingginya intensitas ancaman serangan ransomware tersebut, Symantec dan berbagai pihak lainnya masih terus berupaya memberikan berbagai solusi guna memberikan perlindungan, khususnya bagi para pengguna ‘cloud’ (komputasi awan).

 

Demi meningkatkan mutu dan kualitas dari pengamanan siber di Indonesia, maka dari itu diadakan juga acara tahunan terbesar Indonesia Cyber Security Summit atau Cyber Security Indonesia 2017, yang akan diadakan pada tanggal 6-7 Desember 2017 di Jakarta Convention Center.

 

Acara ini nantinya akan mempertemukan ratusan hingga ribuan praktisi, pakar profesional, maupun investor di bidang keamana siber untuk nantinya bisa saling menemukan peluang bersama dalam satu tempat dan kesempatan.

 

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai Indonesia Cyber Security, sekaligus pendaftaran di acara ini, silahkan langsung mengunjungi www.cybersecurityindo.com, sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *