Keren! Indonesia Bakal Punya Sistem Listrik Secara Digital

Jual GensetDalam waktu dekat, Indonesia dikabarkan akan memiliki sebuah ‘digital substation,’ lantas apakah yang dimaksud dengan digital substation, dan apa hubungannya dengan sistem kelistrikan di Indonesia?

Secara garis besar, digital substation adalah sebuah teknologi digitalisasi yang digunakan dalam setiap komponen yang ada pada bagian sistem substation. Sebagai contoh, biasanya substation saat ini menggunakan cara yang konvensional, yaitu dengan menggunakan kabel untuk mengirimkan data, salah satunya adalah data tegangan arus.

Namun, jika menggunakan fiber optic, setiap data yang dikirim ini akan mampu dilihat di Internet dan bisa dianalisa secara lebih mendalam. Dan jika hal ini sudah dilakukan, ini akan berdampak pada berkurangnya kebutuhakan akan pekerja yang ada dilapangan. Tak hanya itu, kabel yang dibutuhkan juga menjadi tidak terlalu banyak dikarenakan kapasitas yang dimiliki fiber optik dalam hal pengiriman sinyal jauh lebih besar daripada menggunakan kabel biasa.

Seperti yang telah dijelaskan diatas sebelumnya bahwa digital substation memiliki teknologi yang mumpuni dan diantaranya memiliki beberapa software canggih diantaranya untuk melakukan analisa dan prediksi, kamera, digital transformers, sensor, dan lain sebagainya yang berguna untuk menciptakan sebuah substation tanpa adanya tenaga kerja manusia. Dan yang perlu manusia lakukan hanyalah melakukan kontrol secara terpadu.

Namun, dari sekian banyak manfaat digital substation ini, yang menjadi hal paling penting adalah keakuratan data dalam hal pengukuran yang terbilang bisa mencapai 100 persen. Digital substation juga dapat melakukan prediksi kapan harus dilakukannya perawatan, serta analisa secara menyeluruh terkait dengan performa mesin.

Digital Substation Di Indonesia

Di Indonesia, sudah dilakukan beberapa transformasi menuju digital substation melalui peran General Electric sebagai salah satu produsen digital substation. GE menjelaskan bahwa pihaknya telah berhasil mengerjakan beberapa proyek digitalisasi gardu. Sebut saja seperti di Palembang, Tanjung Api-Api, serta Pondok Indah, Jakarta Selatan.

President & CEO GE Grid Solutions, Reinaldo Garcia mengaku bahwa ia sangat yakin bahwa dengan dibarengi komitmen pemerintah untuk meningkatkan produksi listrik nasional sebesar 35.000 MW, maka akan dibutuhkan sebuah sistem substation yang jauh lebih efisien serta ramah lingkungan. Dan digital substation adalah jawabannya.

Masih bingung mencari solusi masalah kelistrikan di Indonesia? jawabannya bisa Anda temukan di situs jual genset berkualitas www.hartech.co.id. Disini, Anda bisa menemukan berbagai jenis genset murah dengan kualitas yang tinggi untuk menunjang aktifitas dan kegiatan bisnis Anda seperti genset silent, genset pabrik, genset portable, dan lain sebagianya hanya di Hartech. Solusi terbaik masalah genset di Indonesia..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *